MASJID JIN ATAU  AL-BAI'AH  

Masjid Jin atau Al-Jin atau Al-Bai'ah yaitu masjid yang terletak di kota Makkah yaitu 1,5 km di sebelah utara Masjidil Haram, tepatnya di kampung Ma'la dan tidak jauh dari pemakaman kaum Muslim. Masjid Al-Jin sering juga dikenal dengan nama Masjid al-Bai'ah. Masjid Al Jin tampak ibarat masjid-masjid pada umumnya. Luasnya 10 x 20 meter, mempunyai dua lantai, satu basement, dan juga kubah. Masjid ini terlihat kokoh, tidak kalah dengan gedung-gedung di sekitarnya.

Menurut riwayat cerita dinamakan Masjid Al-Jin atau Al-Bai'ah (Video disini) terjadi di tahun kesepuluh kenabian Muhammad SAW saat  bersama para teman yang hendak pulang dari Thaif melaksanakan shalat Subuh di kawasan ini. Nabi Muhammad SAW melantunkan ayat-ayat Al-Quran Surat Ar-Rahmah yang diperdengarkan kepada para teman dan ketika itu serombongan Jin yang sedang menuju Tihamah, terpukau dari makna Surat Ar-Rahman yang dilantunkan nabi Muhammad SAW. Mereka kemudian berdialog dengan Rasulullah usai salat subuh. Para Jin itu pun menyatakan keislamannya dan berbaiat kepada nabi Muhammad SAW. Oleh alasannya itu, masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Al-Bai’ah, yakni masjid kawasan serombongan jin melaksanakan baiat. Mereka mengimaninya. Mereka lalu pulang ke kaumnya dan memberikan kejadian yang mereka alami. Kaum mereka pun mendapatkan dan mengimani pedoman yang dibawa tersebut

Peristiwa ini diabadikan dalam Alquran, Surat Al-Ahqaf, ayat 29 sampai 32:"Dan ingatlah ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al-Quran. Maka tatkala  mereka menghadiri pembacaan (nya) lalu mereka berkata: Diamlah kau untuk mendengarkannya. Ketika pembacaan selesai, mereka kembali kepada kaumnya untuk memberi peringatan," (29)

"Mereka berkata: Hai kaum kami, seseungguhnya kami telah mendengarkan kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan sesudah Musa yang membenarkan kitab-kitab sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus," (30)
"Hai kaum kami, terimalah (seruan) orang yang menyeru kepada Tuhan dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Tuhan akan mengampuni dosa-dosa kau dan melepaskan kau dari azab yang pedih," (31)

"Dan orang-orang yang tidak mendapatkan (seruan) orang yang menyeru kepada Tuhan maka beliau tidak akan melepaskan diri dari azab Tuhan di muka bumi dan tidak ada baginya pelindung selain Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata," (32)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top